Apakah Rumah yang dimaksud sama dengan Asrama?

Rumah yang disediakan adalah tempat tinggal dengan segala fasilitas yang mendukung kenyamanan hidup dalam rumah dan kelancaran beraktivitas di luar rumah. 12 orang yang terpilih akan diperlakukan sebagai anggota keluarga Rumah Peradaban, bukan semata-mata peserta sehingga proses pembinaan yang dilakukan akan terasa lebih hangat, menyenangkan, dan kokoh.

 

Apakah perbedaan Beasiswa Pemimpin Peradaban dengan beasiswa sejenis lainnya?

Beasiswa Pemimpin Peradaban memberikan fasilitas beasiswa yang terbaik bagi 12 orang mahasiswa terbaik untuk dibina dan menjadi 12 orang pemuda yang luar biasa.

 

Berapa lama beasiswa ini akan diberikan?

Beasiswa Pemimpin Peradaban akan diberikan selama 2 tahun, yaitu terhitung mulai bulan Juni 2020 sampai dengan Juni 2022.

 

Apakah harus sepenuhnya tinggal di Rumah Peradaban?

12 anggota Rumah Peradaban diwajibkan untuk tinggal selama 6 hari penuh dalam sepekan di Rumah Peradaban, dan akan mendapatkan 1 hari libur. Libur akan disesuaikan untuk waktu dan kondisi tertentu.

 

Apakah ada keterikatan setelah lulus masa pembinaan?

Tidak ada.

 

Apakah boleh menikah/pacaran selama menjadi Anggota Rumah Peradaban?

Tidak boleh.

 

Apa itu Shafa?

Yayasan Shafa merupakan organisasi pemuda non-profit yang bergerak dalam  pendidikan Islam dan bakti sosial. Yayasan Shafa dibina langsung oleh Dr. Arief Munandar, SE, ME.

 

Darimana dana Beasiswa Pemimpin Peradaban ini berasal?

Segala pendanaan untuk penyelenggaraan Beasiswa Pemimpin Peradaban ini berasal dari sumber personal dan bantuan Shafa Community yang halal dan baik

 

Apakah ada syarat IPK minimal?

Untuk mendaftar Program Beasiswa ini, IPK ketika mendaftar harus diatas 3. Selain itu, awardee kami ditekankan agar memiliki nilai yang stabil dan berkomitmen dengan prestasi akademiknya masing-masing.

 

Anak Kampus lain apakah bisa mendaftar?

Mendaftar saja bisa, namun untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya, mohon maaf tidak bisa.

 

Komponen beasiswa apa saja yang dicover oleh Rumah Peradaban?

Beasiswa Rumah Peradaban memiliki beberapa cakupan beasiswa diantaranya adalah Uang Saku bulanan, Rumah beserta fasilitasnya (kamar tidur beserta fasilitas didalamnya, ruang belajar, wifi, kamar mandi, ruang jemur, mesin cuci dan sebagainya), makan pagi dan malam, program pengembangan diri (bedah buku, public speaking, kunjungan tokoh inspiratif), keagamaan, kebugaran (keanggotaan fitness) dan sebagainya.

 

Haruskah menjadi orang ternama atau menempati jabatan strategis di organisasi untuk mendaftar?

Calon anggota Rumah Peradaban yang kami cari adalah profil pemuda inspiratif dan berpotensi memberi kontribusi yang luas. Tentunya portofolio dan posisi strategis menjadi poin tambah bagi pendaftar.

 

Bagaimana tahapan seleksi serta syarat-syaratnya?

Syarat Pendaftar adalah mahasiswa UI tahun 2018, memiliki afeksi terhadap islam dan kepemudaan, siap berkontribusi untuk UI dan Indonesia.

 

Seru ga sih?

Seru banget dong. Karena di dalam Rumah Peradaban, kalian akan di satukan dengan mahasiswa dari berbagai fakultas dan dengan background yang berbeda. Dari hari ke hari akan dipertemukan dengan diskusi kritis dengan berbagai perspektif.

 

Worth it kah?

Bukan hanya mendapatkan fasilitas lengkap dan pengembangan diri selama 2 tahun, namun program ini tentunya akan sangat berguna untuk masa depan karena kalian akan dipertemukan dan intouch dengan orang-orang expert di bidang masing-masing dan komunitas kepemudaan yang aktif di jabodetabek.

 

Kapan dibuka?

Pendaftaran dibuka dari tanggal 4 Februari hingga 25 Februari